PENJELASAN DAN CARA MEMBUAT TEKNOLOGI AQUAPONIK

PENJELASAN DAN CARA MEMBUAT TEKNOLOGI AQUAPONIK



Teknik menanam dengan menggunakan teknik aquaponik merupakan salah satu cara mengurangi pencemaran air yang dihasilkan oleh budidaya ikan dan juga salah satu alternatif mengurangi jumlah pemakaian air yang di pakai oleh sistem budidaya. Teknologi aquaponik merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam rangnka pemecahan keterbatasan air dan lahan. Disamping itu teknologi aquaponik juga mempunyai kelebihan yaitu menambah pemasukan dan hasil tanaman yang akan memperbesar keuntungan para  peternak ikan.
Teknologi aquaponik yaitu dengan memanfaatkan secara terus-menerus air dari pemeliharaan ikan ke tanaman dan sebaliknya yaitu tanaman ke kolam ikan. Sistem teknologi aquaponik ini muncul sebagai pilihan ataupun jawaban atas adanya permasalahan salah satunya keterbatasan lahan dan keterbatasan air.
Teknologi aquaponik menerapkan sistem saling menguntungkan antara tanaman dan ikan. Dengan memberikan air ke kolam ikan kemudian air yang ada didalam kolam ikan dialirkan ke tanaman yang dimana tanaman tersebut yang akan menyaring unsur hara yang berasal dari kotoran ikan. Setelah air yang bercampur kotoran ikan melalui tanaman dan di saring oleh tanaman kemudian di lanjutkan dengan mengalirkan kembali air kedalam kolam ikan.
Aquaponik  merupakan teknik sekaligus cara menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Proses dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya. Kemudian tanaman akan berfungsi sebagai filter atau penyaring vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan. Dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan. Dengan siklus ini akan menjadi siklus saling menguntungkan atau biasa disebut mutualisme dan bagi kita yang mengaplikansikannya tentunya akan sangat menguntungkan sekali karena hemat lahan dan air.

Cara membuat teknologi aquaponik :

1.        Siapkan alat-alat yang dibutuhkan yaitu kolam ikan(tanki ikan), pompa air, paralon, krikil yang sudah di cuci, saringan.
2.       pertama lubangi tanki kolam ikan untuk menyalurkan air ke tempat tanaman atau pot.
3.       Pasang paralon ke lubang tanki yang sudah di lubangi sesuai yang diinginkan kemudian salurkan ke pompa air terlebih dahulu agar dapat menuju tempat tanaman.
4.       Untuk menyalurkan air dari pompa ke tempat tanaman maka hubungkan paralon dari pompa air ke tempat tanaman.
5.       Setelah itu buat lubang dari tempat tanaman yang bagian bawah agar air yang dari tanaman  dan yang sudah di filter tanama:n dapat mengalir kembali ke kolam ikan. Tetapi jangan lupa di lubang tempat tanaman tersebut di kasih saringan agar krikir tidak jatuh ke kolam ikan.
6.       Cara menanam tanamannya yaitu tanamkan tanaman ke dalam pot (tempat tanaman) dengan menguburnya dengan kerikil yang sudah di bersihkan atau di cuci.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Lengkap Tentang MEA, pengertian, tujuan, bentuk kerjasama, ciri-ciri, pengaruh MEA, dampak, kesimpulan

Cara Memimpin Rapat yang Baik, Benar dan Efektif

Mudahnya Membuat Line Follower