Cara Memimpin Rapat yang Baik, Benar dan Efektif
Cara Memimpin Rapat yang Baik, Benar dan Efektif
Dalam rapat
atau diskusi di suatu organisasi pasti dibutuhkan orang yang dapat memimpin
jalannya rapat tersebut agar rapat bisa berjalan dengan baik, sesuai tema
pembahasan dan dapat memberikan jalan keluar dari permasalahan yang di bahas. Namun,
tidak banyak orang yang mampu bisa memimpin suatu forum dengan baik dan efektif.
Dalam rapat sering kali kita merasa gugup ketika menjadi pemimpin suatu forum. Dalam
rapat seringkali molor. Dalam rapat seringkali terjadi perdebatan. Hal inilah
yang sering kali menghambat seseorang untuk berani maju jadi pemimpin di suatu
forum. Hal ini harus dihilangkan agar dapat terbiasa, tidak gugup untuk
berbicara di depan orang banyak atau menjadi pemimpin forum dan dapat
mengendalikan sesuatu hal yang di rasa tidak perlu di forum tersebut. Maka
tips sederhana dalam artikel ini akan menambah wawasan Anda tentang bagaimana
cara memimpin rapat yang baik dan efektif.
Untuk memudahkan Anda dalam belajar,
maka ini ada beberapa tahap yang perlu di lakukan, yaitu tahap persiapan, tahap
kegiatan dan tindak lanjut.
1.
Tahap Persiapan
Sebelum di mulai suatu rapat sebagai pemimpin forum harus
menyiapkan beberapa hal agar rapat dapat berjalan dengan efektif.
Ø
Seorang pemimpin rapat harus menetapkan tujuan. Apa yang ingin dicapai
dari rapat harus ditetapkan lebih dulu. Hal ini bertujuan supaya rapat
benar-benar fokus pada hasil akhir yang ingin dicapai.
Ø
Membuat agenda rapat. Kita harus menuliskan apa saja kegiatan atau acara
yang akan dilakukan dalam rapat. Agenda rapat yang telah dibuat harus segera
diedarkan jauh hari sebelum rapat dilaksanakan. Jadi, ketika rapat mereka sudah
menguasai bahan yang akan dibahas.
Ø
Menentukan batasan waktu. Ingat rapat yang baik harus memiliki waktu
yang jelas, sehingga rapat tidak ngelantur atau molor. Rapat yang tidak
memiliki batasan waktu akan cenderung bias dan membuat anggota rapat bosan atau
mereka merasa telah membuang waktu sia-sia.
Ø
Membagi tugas. Sebagai pemimpin rapat Anda jelas tidak bisa melakukan
segala hal sendiri. Misalnya untuk menuliskan hasil rapat, menuliskan hasil
diskusi atau yang lain. pastikan Anda sudah menunjuk seseorang yang bertugas
untuk itu. Supaya ketika rapat selesai Anda mempunyai hasil tertulis sebagai
bukti nyata hasil rapat yang sudah dilaksanakan.
2.
Tahap Kegiatan
Dalam tahap kegiatan ada beberapa yang perlu dilakukan oleh pemimpin
rapat.
a.
Membuka rapat
Dalam ini pemimpin rapat bisa membuka kegiatan rapat dengan
memberikan salam, menjelaskan maksud dan tujuan rapat diadakannya rapat. Hal
ini supaya anggota tahu dari awal apa yang ingin dicapai dari rapat tersebut
dan mengapa rapat itu diadakan. Kemudian bisa dilanjutkan dengan membacakan
agenda kegiatan yang akan dilaksanakan.
b.
Memastikan setiap agenda dapat dilaksanakan dengan baik
Sebagai pemimpin rapat, kita harus memastikan juga bahwa semua agenda
yang akan disajikan dalam rapat dapat dilaksanakan dengan baik dan terstruktur.
Selain itu pastikan juga setiap anggota tahu bahwa setiap agenda atau kegiatan
yang dilakukan memiliki batasan waktu.
c.
Memastikan anggota memperoleh kesempatan yang sama dalam berpendapat
Salah satu tujuan umum rapat adalah untuk mengambil sebuah keputusan
atau penyelesaian sebuah masalah. Untuk itu kita sebagai pemimpin rapat harus
memastikan bahwa setiap anggota rapat memperoleh hak yang sama untuk
berpendapat.
d.
Memastkan tidak ada salah seorang anggota yang mendominasi diskusi
Hal yang paling umum terjadi dalam rapat adalah munculnya satu atau
beberapa pihak yang mendominasi diskusi. Hal ini sering kali membuat pemimpin
rapat kuwalahan. Ini jelas harus dikendalikan. Sebagai pemimpin kita harus tahu
kapan kita menghentikan seseorang dalam berbicara kalau dirasa ia ingin mendominasi.
Dalam hal ini keberanian dan ketegasan dari pemimpin rapat sangat diperlukan.
Anda bisa memotong karena alasan waktu dan mengalihkan ke anggota yang lain
untuk berpendapat. Selain orang dipaksa untuk disiplin waktu mereka juga dipaksa untuk
berpendapat secara efisien karena jika tidak mereka malah bisa kehilangan
kesempatan berpendapat.
e.
Memaparkan keputusan yang telah diambil
Jika sudah banyak yang mengutarakan pendapat dan sudah di lakukan banyak
pertimbangan maka pemimpin rapat harus membuat keputusan dan memaparkan hasil
keputusan yang diambil dalam rapat. Setiap keputusan yang diambil
pastikan adalah keputusan yang paling baik dan bijak untuk kesejahteraan semua
anggota. Supaya tidak menimbulkan ketidakpuasan pada beberapa anggota yang
kurang setuju dengan keputusan yang diambil pastikan kita sudah memaparkan
alasan kenapa keputusan itu diambil. Ini akan lebih baik dari pada tidak
dijelaskan alasannya.
f.
Menutup rapat
Setelah hasil keputusan diambil, selanjutnya adalah menutup rapat. Dalam
penutupan ada beberapa saran yang bisa Anda lakukan. Melakukan evaluasi segera
dari hasil rapat. Anda bisa mengatakan bahwa rapat berjalan dengan baik,
diskusi berjalan dengan efektif, setiap agenda bisa diselesaikan dengan tepat
waktu, sehingga akhirnya menghasilkan sebuah keputusan. Setelah itu Anda bisa
menyampaikan keputusan yang telah diambil. Kemudian dilanjutkan dengan
ajakan untuk menindaklanjuti keputusan. Setelah itu tutup.
Namun, Jika akan ada rapat lanjutan pastikan Anda memberitahukan hal ini kepada
semua anggota sebelum rapat ditutup.
3. Tindak Lanjut
Setiap rapat yang efektif akan selalu memunculkan tindakan nyata untuk
menindaklanjuti keputusan yang telah diambil. Untuk itu pastikan setelah rapat
selesai setiap anggota rapat segera diberikan notulen dalam bentuk draf.
Hal ini untuk memastikan setiap anggota rapat memegang hasil rapat. Karena ada
kemungkinan beberapa anggota tidak mencatat apa-apa yang sudah
diputuskan. Follow up juga
penting untuk mengevaluasi jalannya rapat atau hasil rapat.
Itu
merupakan beberapa tips sederhana bagaimana cara memimpin suatu rapat dengan
baik dan benar, sehingga rapat dapat berjalan dengan efektif.
Komentar
Posting Komentar