Pantai-Pantai terindah di Jawa Timur, yang Wajib Kamu kunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Pantai-Pantai terindah di Jawa Timur, yang Wajib Kamu kunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup


1.    Pantai Tanjung Papuma, Jember
Memang gak muluk-muluk kalau Pantai Pasir Putih Malikan (atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pantai Tanjung Papuma) ini kalau dibilang salah satu pantai paling indah di Jawa Timur. Pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, yang jaraknya sekitar 45 km ke arah selatan Jember.

Untuk sampai kemari, kamu mesti melewati hutan Malikan milik Perhutani. Konon, hutan ini masih dihuni berbagai fauna seperti rusa, ayam hutan, dan berbagai jenis burung. Di pantai berpasir putih dan berkarang ini, kamu bisa melihat Pulau Kodok, sebuah pulau karang yang menjulang gagah tak jauh dari bibir pantai.
Objek wisata yang berada di alamat Pantai Papuma, Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini menyajikan pemandangan pantai yang begitu indah, apalagi pantai ini juga dikelilingi hamparan pasir putih yang halus dan batu karang yang berdiri kokoh disekitarnya. Hal lain yang menjadi daya tarik para wisatawan adalah keindahan sunset atau matahari terbenam, ditempat ini para pengunjung dapat melihat momen indah tersebut disore hari ketika cuacanya tidak mendung dan hujan.
Selain dapat melihat keindahan pantai yang mampu memanjakan mata, di objek wisata ini para pengunjung juga dapat menikmati fasilitas yang disediakan seperti tempat makan, tempat parkir, musholla, MCK, tempat kemah, penjualan souvenir dan yang lainnya. Bagi pengunjung yang ingin beristirahat dan bermalam disana juga bisa menyewa penginapan di pantai papuma jember dengan harga yang bervariasi.
Nah mungkin itulah sedikit gambaran tentang objek wisata pantai tanjung papuma, jika kamu tertarik dengan pantai ini maka bisa langsung datang bersama keluarga atau teman untuk berlibur sambil refresing menghilangkan penat setelah berhari-hari menjalani aktivitas harian yang padat, namun sebelum kesana ada baiknya jika perlu tahu harga tiket masuk pantai papuma jember agar dapat mempersiapkan budget untuk memasuki kawasan tersebut.
2.    Pantai Watu Olu, Jember
Pantai Watu Ulo, atau dalam bahasa Jawa berarti Batu Ular, terletak di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, sekitar 40 Km sebelah selatan kota Jember. Disebut Watu Ulo karena mengacu pada rangkaian batu karang yang memanjang dari pesisir pantai ke laut.
Pantai ini banyak dikunjungi saat hari libur ataupun hari biasa. Dengan keindahan pantai dan alam sekitar pantai membuat pantai ini terkenal di kawasan Jember. Selain itu, setiap tanggal 7 syawal atau saat hari raya ketupat, selalu diadakan upacara Larung Sesaji, dimana para nelayan melempar sesaji ke laut sebagai tanda persembahan dan ucap syukur.
Di sekitar pantai, pengunjung yang datang juga bisa melihat beberapa spot wisata yang lain, seperti, goa Jepang, Goa Kelelawar dan beberapa fasilitas pendukung seperti taman bermain dan area berkemah.

3.    Pantai Coro, Tulungagung
Tulungagung memang belum begitu populer di kalangan wisatawan. Tetapi Tulungagung menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain pantai Popoh yang terkenal akan keindahannya masih ada lagi pantai indah tersembunyi yang belum banyak terjamah pengunjung yaitu pantai Coro.
Pengelolaan pantai ini masih dilakukan oleh warga sekitar, tapi pemandangan alam yang ditawarkan tidak akan mengecewakan. Di 
pantai Coro Tulungagung, anda akan melihat pemandangan laut biru dengan hamparan pasir putih serta tebing-tebing yang menawan.
Pantai Coro berlokasi di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
Dikarenakan masih terbilang baru ditemukan maka fasilitas yang tersedia di pantai Coro masih belum memadai, hanya ada kamar mandi dan WC yang terbuat dari terpal. Untuk buang air kecil dikenakan biaya Rp 2.000.
Sebenarnya tidak terdapat tiket untuk masuk ke Pantai Coro, tapi dikarenakan letak lokasinya yang berada di sebelah timur pantai Popoh dan Reco Sewu maka pengunjung akan dikenakan tarif Rp 5.000 per orang belum termasuk parkir. Untuk biaya parkir sepeda motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

4.    Pulau Merah, Banyuwangi
Obyek wisata ini pada beberapa tahun terakhir di promosikan serta dijagokan oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi sebagai wisata unggulan selain Wisata Kawah Ijen yang terkenal dengan api buri atau ijen blue fire. Pantai yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini di kenal karena punya bukit hijau kecil dengan pantai sejauh 200 mt dan tanah yang berwarna kemerahan terdapat di dekat bibir pantai. Bukit hijau nan indah ini bisa dikunjungi dengan jalan kaki saat air laut sedang surut.
Pulau Merah Banyuwangi adalah sisi lain dari wisata pantai di Jawa Timur recomended untuk libuan keluarga. Dari Kota Banyuwangi anda dapat menuju arah selatan dengan lama saat perjalanan seputar 3 jam atau seputar 60 km dengan memakai kendaraan roda empat atau sepeda motor.Bisa pula anda mengaksesnya rute Pulau Merah dari kota Jember dengan jarak 100 km. Dengan lewat jalan nasional Jember – Banyuwangi. Sesudah tiba di kecamatan Genteng Banyuwangi, berbelok arah ke selatan dengan jalanan aspal 15 km dari Genteng, kemudian Anda akan masuk kecamatan Gambiran. Dari sini, kemudian dilanjutkan ke arah pantai selatan menuju kecamatan Pesanggaran, dengan dipandu rambu-rambu yang sangatlah lengkap maka tibalah Anda di wisata pulau Merah.
Satu lagi yang tidak kalah mencuri perhatian mata yang sayang sekali untuk dilewatkan, yaitu pemandangan saat matahari terbenam atau sunset. warna orange dengan kebiruan yang sangat cantik terbenam diantara bukit akan memanjakan mata kita yang menjadi pengalaman tak terlupakan.
Beberapa fasilitas di area pulau merah sudah cukup memadai dengan area parkir yang cukup luas, homestay untuk bermalam di area Pantai, dan beberapa warung – warung untuk bersantai menikmati pemandangan Pantai pulauMerah.

Untuk memasuki kawasan wisata pulau merah pengujung di kenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000,- per orang, saat weekend menjadi Rp 5.000,- per orang. Pada bulan Mei sampai Desember adalah bulan yang tepat untuk dapat menimati seluruh keindahan Pantai.

pantai pulau merah, Objek wisata pulau merah banyuwangi, pantai merah, pantai merah malang, pantai pulau merah jember, pantai yang dekat dengan pantai merah, pulau merah. 

5.    Pantai Klayar, Pacitan

Rute menuju ke pantai klayar cukup mudah. Jika pengunjung  datang dari arah kota jogja , bisa melalui kota Wonosari di Gunungkidul. lalu ke timur menuju ke arah  Pathuk  dan lanjur ke arah kota kota Wonosari. dari sana perjalanan di lanjut

ke Pracimantoro. Setelah itu  ke Giribelah .
Pantai Klayar Pacitan jawa timur, akan selalu meninggalkan kesan sendiri bagia siapa saja yang pernah berkunjung kesana. Muali dari suasana pantai yang masih sepi dan alami, pasir putih agak kecoklatan bersanding damai dengan gagahnya karang yang menjorok kelaut.

Pantai Klayar memiliki banyak tebing dan beberapa di antaranya bolong akibat terjangan ombak, juga jejaran pohon kepala di kawasan pantai. Satu hal yang patut diingat adalah Anda tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar serta banyaknya tebing.

Sebuah hal unik lainnya adalah Anda dapat menjumpai patung yang menyerupai bentuk Sphinx sebagaimana yang ada di Mesir. Keunikan ini terbentuk akibat banyaknya tebing-tebing tinggi di kawasan pantai Klayar yang jika dilihat dari kejauhan, menyuguhkan pemandangan laksana patung Sphinx. Anda tentu saja dapat menaiki tebing ini, tetapi sudah sepatutnya menjaga kehati-hatian untuk keselamatan mengingat tebing ini tergolong curam dan tinggi.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Lengkap Tentang MEA, pengertian, tujuan, bentuk kerjasama, ciri-ciri, pengaruh MEA, dampak, kesimpulan

Cara Memimpin Rapat yang Baik, Benar dan Efektif

Mudahnya Membuat Line Follower